Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung


Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung


Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak Keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung | Blog Seputar Elektronik - Mesin cuci 2 tabung memiliki sistem pembuangan air secara manual, tidak memiliki drain motor yang dapat menarik pembuangan secara otomatis seperti yang terdapat pada mesin cuci 1 tabung, baik front loading maupun toploading.

Pembuangan air mesin cuci 2 tabung hanya menggunakan tali yang terhubung ke alat pemutar yang dilengkapi dengan knop. Kita hanya tinggal memutar knop pembuangan maka dengan otomatis tali yang terhubung ke bagian katup bawah pembuangan akan terangkat, sehingga mampu mengalirkan air ke selang pembuangan.


Terkadang pembuangan mesin cuci 2 tabung mengalami masalah, seperti kebocoran dan juga penyumbatan. Dan pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas adalah mengenai permasalahan  mesin cuci yang tidak bisa membuang air atau mampat.

Apa Saja Yang Menyebabkan Air Pada Mesin Cuci 2  Tabung Tidak Keluar ?

1. Ada Benda Atau Kotoran Yang Menyumbat

Suatu benda yang menyumbat biasanya berupa kertas, plastik, kancing dan juga uang logam. Benda-benda tersebut masuk karena sebelum mencuci biasanya pengguna lupa untuk memeriksa saku atau kantong pakaian. Benda-benda tersebut ikut tercuci bersama dengan pakaian, sehingga ketika proses penggilingan benda-benda tersebut keluar dan masuk kedalam instalasi pembuangan. Kejadian ini cukup sering terjadi.

Baca Juga : Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Puluhan Tahun

Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung
Buka bagian belakang mesin cuci
Setelah terbuka maka buka bagian seal pembuangan, pada posisi ini anda akan melihat sebuah tali yang terhubung ke katup seal pembuangan. Lihat gambar dibawah ini.

Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung
Buka penutup seal pembuangan

Setelah seal terbuka maka silahkan anda cek, apakah ada benda atau kotoran yang menyumbat. Jika seal kotor atau terdapat benda yang menyumbat, maka langkah selanjutnya adalah dengan cara membersihkannya.

Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung
Jika seal pembuangan kotor maka segera bersihkan
Bersihkan seal pembuangan sampai benar-benar bersih. Dan jika ada benda yang menyumbat maka segera angkat atau keluarkan benda tersebut. Pastikan pembuangan bersih dari benda dan kotoran. Setelah itu pasang kembali seal pembuangan seperti semula.

2. Tali Pembuangan Putus

Tali yang putus tidak akan bisa menarik tuas seal  pembuangan. Jika tali ini putus yang dapat kita rasakan adalah pada saat memutar knop pembuangan maka terasa lebih ringan, karena seharusnya knop agak terasa berat ketika kita memutar knop.

Jika tali penarik pembuangan putus maka ganti dengan yang baru. Anda juga bisa menggunakan tali lainnya untuk menyambung, seperti tali sepatu atau rapiah.

3. Knop Pemutar Pembuangan Patah

Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung


Knop memiliki fungsi sebagai pemutar yang nantinya akan menarik tali pembuangan, jika knop patah maka pemutaran menjadi los atau dol. Ganti knop dengan yang baru untuk mengatasinya, jika susah mencari yang asli, maka anda bisa menggunakan knop universal atau multy.

Catatan : Biasanya knop patah pada bagian dalamnya

Demikian tadi cara mengatasi pembuangan air yang tidak keluar pada mesin cuci 2 tabung, semoga dapat bermanfaat.


0 Response to "Mengatasi Pembuangan Air Yang Tidak keluar Pada Mesin Cuci 2 Tabung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel