Cara Mengatasi Pompa Air Berisik Dengan Benar


Cara Mengatasi Pompa Air Berisik Dengan Benar | Blog Seputar Elektronik - Pada pembahasan kali ini kami ingin sedikit berbagi mengenai cara mengatasi pompa air yang berisik. Kita sama-sama tahu bahwa pompa air memiliki peran yang cukup vital untuk kehidupan sehari-hari. Jika kita berbicara mengenai pompa air sudah pasti ini akan berhubungan dengan ketersedian air bersih di rumah kita. Bisa dibayangkan repotnya jika pompa air mengalami masalah.


Jangan Pernah Mengganggap Sepele Keluhan Pompa Air Yang Berisik

Pompa air yang berisik bisa jadi menjadi penanda bahwa ada kerusakan kecil, yang mungkin dari kerusakan yang kecil itu akan terjadi kerusakan yang lebih besar. Perlu di catat bahwa membiarkan kerusakan yang sepele atau ringan hanya akan mendatangkan kerusakan yang jauh lebih besar.

Lantas Apa Yang Menyebabkan Pompa Air Berisik ?

Ada beberapa hal yang menyebabkan pompa air berisik, salah satunya adalah kerusakan bearing. Kerusakan bearing pompa akan sangat berpengaruh pada perputaran motor, karena jika bearing rusak maka akan membuat perputaran motor dinamo menjadi lebih berat. Jika hal ini dibiarkan maka bukan tidak mungkin akan membuat gulungan dinamo terbakar.


Cara Mengatasi Pompa Air Berisik Dengan Benar
Ilustrasi Bearing : GudangCara.net

Selain bearing, jika pompa air anda berisik maka bisa jadi suara itu disebabkan oleh kipas luar yang lepas, ini untuk pompa jetpump yang memiliki kipas dibagian belakang pompa. Cek saja bagian belakang pompa air anda, buka penutup kipas, lihat apakah kipas terlepas atau goyang. Jika iya maka segera pasang kembali atau perbaiki posisi kipas. Jika kipas rusak atau dudukan sudah dol atau sudah tidak bisa dipasang, maka sebaiknya ganti kipas pompa dengan yang baru.

Cara Mengatasi Pompa Air Berisik Dengan Benar
Sumber gambar : Google

Sekiranya hanya dua hal itu saja yang membuat pompa air berisik secara umum atau biasa terjadi. Jika kipas pompa yang rusak, mungkin mudah untuk mengatasinya, tapi bagaimana dengan kerusakan bearing seperti yang sudah dijelaskan tadi ?

Bearing tidak bisa diperbaiki, biasanya untuk mengatasi kerusakan bearing pompa air maka kita harus menggantinya dengan yang baru. Namun untuk mengganti bearing sebaiknya anda menghubungi tukang pompa air yang telah berpengalaman. Sangat sulit memasang bearing untuk mereka yang masih awam, karena dibutuhkan keahlian khusus.

Sebagai tambahan saja, bahwa membiarkan pompa air yang berisik terus menyala, hanya akan membuat beberapa elemen penting dalam pompa menjadi ikut rusak. Seperti motor dinamo, rotor, kipas dalam dan seal. Sebaiknya anda cepat-cepat mengganti bearing yang rusak, sebelum nanti-nya malah membuat pompa air anda jauh lebih rusak.

Jika anda ingin mengetahui tentang permasalahan-permasalahan lainnya yang biasa terjadi pada pompa air, sebaiknya anda membaca tulisan kami yang berjudul " beberapa masalah kerusakan pada pompa air ".  Semoga tulisan mengenai cara mengatasi pompa air berisik dengan benar ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Pompa Air Berisik Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel