Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Puluhan Tahun


Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Puluhan Tahun | Memiliki mesin cuci bukan saja berbicara tentang memakainya saja, namun juga bagaimana kita bisa merawatnya. Mungkin kamu cenderung melihat mesin cuci hanya dari fungsinya saja,tanpa memperhatikan bahwa mesin cuci juga ternyata memerlukan perawatan.

Tidak seperti ac yang memerlukan perawatan ekstra, seperti yang sudah kami muat sebelumnya di tulisan " tips merawat ac agar awet " melakukan perawatan mesin cuci tidaklah seperti merawat ac, terutama dengan pencucian 3 bulan sekali, melakukan perawatan ac cenderung lebih mudah dan tanpa mengeluarkan biaya.


Cara merawat mesin cuci bukan hanya tentang membersihkannya saja (seperti ac ), namun juga dari bagaimana cara kita memakainya. Dan berikut ini beberapa tips merawat mesin cuci agar awet :

1. Jangan meletakan mesin cuci di tempat yang basah

Meletakan mesin cuci pada tempat yang basah akan membuat mesin cuci kamu mudah rusak, bukan hanya berakibat pada keawetan mesin cuci, namun juga sangat berbahaya bagi sang pemakai. Perhatikanlah bahwa mesin cuci memiliki arus listrik,  jika terjadi kebocoran listrik dan menyengat kamu, bukankah akan sangat berbahaya, terlebih lagi jika kondisi basah.

Jika kamu meletakan mesin cuci pada tempat yang basah juga akan berakibat pada body mesin cuci, terutama body mesin cuci yang terbuat dari plat seng atau besi, biasanya akan mudah karatan.

Jika kamu terlanjur meletakan mesin cuci di tempat yang basah seperti dikamar mandi, maka usahakan mesin cuci jangan sampai basah, kamu bisa menutupnya dengan plastik atau mengeringkannya jika basah.

2. Perhatikan beban pakaian

Biasanya permasalahan ini yang paling sering terjadi, pengguna lupa bahwa mesin cuci memiliki ukuran bebannya sendiri, ini bisa dilihat dari kapasitas mesin cuci, ada yang 6 kg, 7 kg, 9 kg, 10 kg, bahkan lebih. Jangan pernah mencuci pakaian melebihi batas ukuran tersebut, karena akan membuat mesin cuci kamu cepat rusak, sesuaikan beban cucian setara dengan beban maksimal dari mesin cuci.

3. Bersihkan bagian tabung ketika mesin cuci selesai digunakan.

Maksudnya adalah setelah selesai mencuci, kamu bisa membersihkan mesin cuci pada bagian tabung dengan menyiramkan air secukupnya, hal ini diperlukan untuk membersihkan sisa-sisa deterjen atau busa di tabung mesin cuci.

4. Letakan mesin cuci pada permukaan yang rata atau datar

Dengan permukaan yang tidak rata atau datar akan membuat kerja mesin cuci semakin berat, posisi yang tidak rata juga akan membuat tabung bergoyang dengan tidak stabil, dan ini sangat berpengaruh pada keawetan mesin cuci. Pastikan kamu meletakan mesin cuci di tempat yang memiliki permukaan rata. Jika permukaan tidak rata, kamu bisa mengakalinya dengan membuat ganjalan di bagian bawah kaki mesin cuci.

5. Jangan merapatkan posisi mesin cuci ke dekat dinding, usahakan ada ruang tersisa

Ini juga penting, posisi mesin cuci sebisa mungkin jangan terlalu dekat dengan dinding, ini dilakukan agar terdapat celah untuk ventilasi udara, agar bagian dalam mesin cuci tidak cepat panas.

6. Hindari mesin cuci dari sinar matahari secara langsung

Jika ditempat basah kita dilarang untuk meletakan mesin cuci, maka di tempat panas yang berlebih-pun tidaklah dianjurkan. Letakan mesin cuci pada tempat yang teduh namun kering.

7. Bersihkan filter mesin cuci minimal 2 minggu sekali

Filter pada mesin cuci berfungsi sebagai penyaring kotoran pada saat proses pencucian, bersihkan filter ini minimal 2 minggu sekali. Kamu bisa membersihkannya bersamaan pada saat membersihkan body mesin cuci.

8. Cabut colokan mesin cuci jika sudah tidak digunakan

Setelah proses mencuci selesai, maka segera cabut colokan mesin cuci. Walaupun dalam keadaan mati, colokan yang masih terpasang tetap akan mengalirkan listrik.

9. Jangan memutar timer mesin cuci berlawanan

Timer mesin cuci tidak boleh diputar berlawanan atau di kembalikan secara paksa, jika timer sudah diputar, maka biarkan saja sampai proses selesai. Memutar timer ke arah berlawanan atau mengembalikan putaran timer secara paksa akan membuat timer pada mesin cuci cepat rusak.

10. Jangan membasahi area kontrol panel

Khusus mesin cuci 1 tabung terdapat kontrol panel, tempat kamu melakukan pengoperasian kerja mesin cuci, terdapat tombol-tombol fungsi di area tersebut. Jangan pernah membasahi area kontrol panel, karena akan membuatnya rusak atau konslet.

Bijak dan cakaplah kamu dalam menggunakan mesin cuci, karena mesin cuci yang terawat akan membuat mesin cuci lebih awet, bahkan bisa puluhan tahun. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Puluhan Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel