Beberapa Masalah Kerusakan Pada Pompa Air

Beberapa Masalah Kerusakan Pada Pompa Air


Beberapa Masalah Kerusakan Pada Pompa Air | Blog Seputar Elektronik - Seperti peralatan elektronik lainnya, pompa air juga terkadang menghadapi berbagai masalah kerusakan, seperti mati total, air tidak keluar, atau suara pompa air terdengar kasar.

Sebelum memperbaiki kerusakan pompa air, ada baiknya kita menganalisanya terlebih dahulu, kita bisa memeriksa beberapa kemungkinan yang terjadi.

Dan berikut ini beberapa masalah kerusakan pada pompa air yang mungkin biasa terjadi.

1. Mati total

Mati total atau pompa air mati merupakan permasalahan yang biasa terjadi, biasanya ada beberapa kemungkinan, kita harus memeriksanya secara keseluruhan. Mulailah dengan memeriksa colokan pompa, pastikan colokan dalam keadaan baik. Setelah itu anda bisa memeriksa otomatis pompa air atau radar pelampung yang terpasang di penampungan air, jika mengalami kerusakan maka segera ganti otomatis atau radar pelampung dengan yang baru.


Dinamo juga harus anda periksa, jika dinamo rusak biasanya akan tercium bau hangus atau terlihat ada gulungan yang terbakar. Perlu di ingat sebagian dinamo juga menggunakan fuse, jika fuse putus maka pompa tidak akan hidup, segera periksa dinamo secara teliti.

Selanjutnya yang harus anda periksa adalah kabel, anda bisa menggunakan multy tester untuk mengukurnya, jika putus maka segera ganti kabel dengan yang baru.

2. Air tidak keluar

Pompa air tidak keluar air merupakan masalah kedua yang paling sering terjadi, namun permasalahan ini biasanya lebih rumit, anda yang belum berpengalaman dalam perbaikan pompa air, sebaiknya menggunakan jasa perbaikan pompa air yang sudah berpengalaman.

Keluhan air tidak keluar biasanya terjadi karena ada permasalahan di instalasi bawah ( pipa bawah - khusus jetpump). Seperti kerusakan tosen klep dan mata jet, untuk mengatasi permasalah ini, maka pipa bawah tanah harus di angkat. Setelah pipa sumber terangkat, maka periksa tosen klep, mata jet, dan beberapa sambungan pipa, pastikan sambungan tidak ada yang bocor.

Untuk tosen klep dan mata jet, biasanya ada kotoran yang menyangkut,namun lebih baik langsung ganti saja dengan yang baru, karena akan lebih terjamin agar tidak bermasalah kembali nantinya.

3. Pompa air mengeluarkan suara kasar

Suara bising yang keluar dari pompa air mungkin disebabkan oleh bearing pompa yang rusak, jika bearing rusak, maka anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Periksa juga kipas pompa, kemungkinan ini juga biasa terjadi. Kipas biasanya menyentuh body atau tutup pelindung.

4. Pompa mengeluarkan bau hangus

Hangus yang tercium pada pompa air mungkin disebabkan adanya konsleting kabel dan kerusakan dinamo, periksalah pada beberapa sambungan kabel dan gulungan dinamonya, jika sudah ketemu, maka segera di perbaiki. 

5. Mati hidup

Jika anda mengalami kerusakan pompa air dengan keluhan mati hidup atau "cetak-cetek" ini biasanya disebabkan oleh kerusakan otomatis, atau bisa juga terdapat kebocoran pada instalasi pipa. Jika otomatis pompa rusak, mungkin anda harus menggantinya dengan yang baru.

6. Kebocoran

Kebocoran biasanya mudah terlihat, namun untuk instalasi pipa bagian luar. Lantas bagaimana jika kebocoran terjadi di dalam tembok ? Jika kemungkinan ini terjadi, sepertinya anda harus meminta bantuan tukang ledeng atau tukang pompa air yang sudah berpengalaman.

Kebocoran pompa dalam tembok biasanya susah untuk di periksa, memerlukan sebuat alat khusus untuk memeriksanya. Langkah yang biasa di sarankan oleh para tukang pompa jika menemukan permasalahan ini, adalah dengan cara merubah instalasi pipa air dengan yang baru, instalasi pipa baru akan di pasang diluar tembok.

Itu tadi beberapa masalah kerusakan pada pompa air yang mungkin harus anda ketahui, semoga dapat bermanfaat.


0 Response to "Beberapa Masalah Kerusakan Pada Pompa Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel